Powered By Blogger

Selasa, 14 September 2010

Stars and Constellation

Bintang dan Rasi Bintang

Lihatlah langit dimalam hari, begitu banyak bintang kan???
Sayang sekali bagi kita yang tinggal di perkotaan, sekarang bintang-bintang tidak mudah dilihat lagi karena polusi sinar lampu neon dan lampu jalan. Tapi, keluar dari kota, jauh di pedesaan yg gelap, kita bisa melihat bintang-bintang dilangit dengan jelas. Pada malam hari dipedesaan, kita bisa menikmati festival bintang-bintang dgn imajinasi dan fantasi. Ada sekitar 2500 buah bintang yang bisa kita lihat dengan mata telanjang tanpa menggunakan teleskop. Tapi, sebenarnya jumlah bintang ada beberapa trilyun. Susah kan menghitung jumlahnya??????

Pada zaman dahulu para petani menggunakan bintang untuk tanda waktu mulai bercocok tanam dan para pelaut untuk navigasi. Mereka juga memberikan nama kepada bintang-bintang tersebut dan konstelasinya, dan mengubah berbagai macam cerita tentang bintang tersebut berdasarkan fantasi. Nama-nama bintang dan konstelasi ini diwariskan kepada kita lengkap beserta rasa ingin tahu tentang konstelasi ini. Hasrat untuk menguap misteri bintang dan konstelasinya berlanjut turun temurun. 

Dikembangkannya teleskop menyebabkan lebih banyak lagi bintang yang bisa diobservasi yang ditelaah lebih dalam menggunakan data-data yang bisa ditarik langsung dari alam semesta dan sekitarnya. Meskipun begitu, hanya sedikit hal tentang bintang yang kita ketahui sampai sekarang. 

2 komentar: